Saturday, January 7, 2017

Seni Lukis

Seni Lukis

            Seni lukis merupakan kesenian yang sangat populer di wilayah Bali. Di beberapa tempat seperti tempat makan, seni lukis dijadikan sebagai sarana untuk menarik minat wisatawan asing. Seni lukis banyak diperdagangkan atau di pertunjukkan di pasar seni seperti Pasar Seni Sukawati, Kumbasari, Guwang, serta pusat oleh-oleh khas Bali seperti Krisna, Hawaii Bali. lukisan yang disediakan pun beraneka ragam, mulai dari lukisan pemandangan, lukisan kedaerahan, lukisan hiburan, maupun lukisan keagamaan.











Dahulu, di Bali belum mengenal yang namanya lukisan komersil, hasil seni lukis dibuat untuk digunakan di Pura, istana, umbul-umbul, serta ider-ider tempat ibadah. Para pelukis membuatnya hanya untuk itu, dan kehidupan dari pelukis tersebut ditanggung oleh kerajaan, mereka dipekerjakan hanya untuk menghiasi istana serta tempat ibadah. 
Seperti di Desa Kamasan, sebagian besar punduduk disana memiliki pekerjaan sebagai pelukis, karena pada saat jaman kerajaan yang berpusat di Gel-gel mereka yang dipekerjakan sebagai pelukis yang berlokasi di satu tempat yaitu di desa Kamasan. Beberapa kesenian yang masih dikenal sampai sekarang yaitu Wayang Kamasan, wayang ini bertemakan para Dewa, kehidupan bangsawan, dongeng, serta cerita tantri, wayang ini memiliki warna dari alam yang dicampur dengan perekat yang dapat menempel pada kanvas.

Setelah itu, muncullah lukisan Gaya Batuan, dengan tampilan yang menyerupai wayang kamasan, seni ini menggunakan tinta cina yang menonjolkan warna yang berlawanan contohnya; terang dan gelap. Bertemakan cerita rakyat dari Bali, kebanyakan pelukis muda yang membuat dan menghasilkan karya yang sangat rumit ini. 

Karena perkembangan seni yang sangat pesat, dibentuklah wadah berupa lembaga pendidikan tentang seni yaitu Institut Seni Indonesia (ISI) yang berlokasi di Jogja dan Bali. Di Bali terdapat banyak seniman yang terkenal, seperti Nyoman Gunarsa yang mendirikan museum seni di Klungkung.

Jika anda adalah wisatawan yang ingin melakukan perjalanan wisata ke Pulau Dewata anda bisa melihat dan mengunjungi TEMPAT WISATA DI BALI yang beberapa diantaranya terdapat lukisan yang sangat menarik. sekian dan terimakasih.







Sekian postingan ini, Semoga bermanfaat. Terima Kasih. Baca juga artikel tentang :

Wisata
Surf
Bandar Udara
Teknologi Informasi




2 comments:

PERHATIAN!!!

SYARAT KOMENTAR :
- Tidak menambahkan link di kolom komentar !.
- Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik dan sopan !.
- Berkomentarlah sesuai topik !.