Thursday, February 23, 2017

Makna Hari Raya Saraswati




Hari Raya Saraswati adalah hari yang penting bagi umat Hindu, khususnya bagi para pelajar, karena umat Hindu mempercayai hari Saraswati adalah turunnya ilmu pengetahuan yang suci kepada umat manusia untuk kemakmuran, kemajuan, perdamaian, dan meningkatkan keberadaban umat manusia. Hari Raya Saraswati diperingati setiap enam bulan sekali, tepatnya pada hari saniscara umanis wuku watugunung.




Di hari Saraswati, biasanya para pelajar datang ke sekolah terlebih dahulu untuk mengikuti persembahyangan setelah itu dilanjutkan sembahyang ke pura-pura lainnya. Pura yang biasanya menjadi favorit anak remaja terutama pelajar adalah Pura Jagatnatha yang berlokasi di pusat kota. Di sekolah, di Pura, di rumah, maupun di perkantoran semua buku, lontar, pustaka-pustaka dan alat-alat tulis di letakkan pada satu tempat untuk diupacarai.



Hari Raya Saraswati yaitu hari Pawedalan Sang Hyang Aji Saraswati, jatuh pada tiap-tiap hari saniscara umanis, wuku watugunung. Pada hari itu, Umat Hindu merayakan hari yang penting tersebut. Dalam legenda, digambarkan bahwa Saraswati adalah Dewi/istri Dewa Brahma yang merupakan dewa pencipta. Dewi Saraswati adalah Dewi pelindung, pelimpah pengetahuan, kesadaran (widya), dan sastra. Berkat anugerah Dewi Saraswati, kita menjadi manusia yang beradab dan berkebudayaan.


Makna dari simbol Dewi Saraswati:
  1. Wanita cantik mempunyai arti simbolis, bahwa ilmu pengetahuan itu bersifat mulia, luhur, dan menarik.
  2. Bertangan empat adalah lambang dari Catur Weda Samitha, yaitu : Reg Weda, Sama Weda, Yajur Weda, dan Atharwa Weda, yang merupakan sumber ilmu pengetahuan suci Agama Hindu yang memuat kumpulan sabda-sabda Tuhan.
  3. Aksamala Atau Genitri, melambangkan konsentrasi atau meditasi.
  4. Wina adalah simbol Rta yaitu hukum alam yang abadi dan juga melambangkan nada Brahman yaitu suara suvi "OM", yang merupakan musik alam semesta atau musik angkasa.
  5. Angsa adalah lambang "Wiwekajnana" yaitu kemampuan untuk membedakan diantara yang baik dan buruk, benar dan salah.
  6. Teratai, adalah lambang kesucian.
  7. Burung Merak, adalah lambang kewibawaan.




Diatas adalah makna Hari Raya Saraswati yang biasanya dilaksanakan oleh siswa dan orang-orang yang mengabdi-mengabdi ilmu pengetahuan yang jatuh pada hari Saniscara umanis, wuku watugunung. Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

PERHATIAN!!!

SYARAT KOMENTAR :
- Tidak menambahkan link di kolom komentar !.
- Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik dan sopan !.
- Berkomentarlah sesuai topik !.