Wednesday, April 12, 2017

Misteri Barong dan Rangda Bali


Hai, apa kabar? semoga selalu dalam keadaan baik. Kalian sudah tau belum Misteri Barong dan Rangda yang ada di Bali? ini nih ceritanya, simak dengan baik yaa.

Penduduk wilayah Bali memiliki rasa percaya bahwa alam ghaib yang ada di dunia dikuasai oleh RATU GEDE MECALING, yang merupakan Penguasa Laut Selatan Bali. Semua makhluk ghaib yang terdapat adalah bawahan dari RATU GEDE MECALING ini. Pada suatu hari, saat pendeta menyarankan masyarakat setempat untuk membuat patung berwujudkan Ratu yang melinggih di Istana Pura Dalem Ped, yang berada di Nusa Penida. Patung ini dibuat untuk makhluk ghaib yang diceritakan sering mengganggu manusia.

Para makhluk ghaib yang sering mengganggu warga setempat mengira, bahwa patung yang dibuat tersebut adalah pemimpin mereka, sehingga mereka pun pergi dan ketakutan. Patung tersebut memiliki badan yang tinggi, hitam, dan besar, dan disertai pula dengan taring yang tajam, Sosok ini dikenal oleh warga dan sering disebut BARONG. Sejak saat itu, warga setempat membuat ritual, yaitu dengan mengelilingi kampung bersama dengan Barong sebagai simbol pencegahan mara bahaya. Barong adalah jelmaan dari makhluk ghaib yang berkuasa di Pulau Bali. Bagi warga Bali, pada setiap hutan dan tanah memiliki penguasa lalu diwujudkan kedalam aneka barong berbentuk hewan seperti singa, babi hutan, harimau, macan, naga, atau hewan lainnya. Di Bali, terdapat banyak Barong yang dipercayai oleh masyarakat, Seperti Barong Ket atau Barong Keket yang merupakan salah satu Barong yang sangat sering dipentaskan oleh masyarakat Bali, terutama warga yang beragama Hindu. Barong Ket atau Keket ini sama halnya seperti manusia, karena Barong ini juga memiliki sosok yaitu pria dan wanita.

Tari Barong menggambarkan pertarungan dari kebaikan (dharma) dengan keburukan (adharma). Kebaikan diwujudkan dengan karakter yang dilakoni oleh Barong, yaitu berupa penari dengan kostum binatang berkaki empat, sedangkan wujud keburukan diwujudkan sebagai sosok yang menyeramkan dan dilengkapi oleh dua taringnya yang tajam, biasanya disebut dengan Rangda.

Terdapat beberapa jenis Tari Barong yang biasanya sering ditampilkan di Bali, diantaranya yaitu; Barong Ket (Keket), Barong Bangkal (Babi), Barong Macan, Barong Landung. Tetapi, diantaranya, jenis-jenis Barong tersebut, Barong Ket (Keket) lah yang paling sering disuguhkan kepada para wisatawan, karena barong tersebut memiliki kostum dan tarian yang cukup lengkap.

Barong biasanya dipentaskan oleh dua penari, seorang penari mengambil posisi di depan dengan memainkan dan menggerakkan kepala serta kaki depan, sementara penari lainnya berada di belakang dengan memainkan kaki belakang dan ekor Barong. Barong Ket tidaklah jauh berbeda dengan Barong sai yang biasanya digunakan sebagai pertunjukan oleh masyarakat Cina. Tetapi, Barong ini berbeda yaitu pada cerita yang dijalankan, yaitu cerita pertarungan diantara Barong dan Rangda dengan dilengkapi dengan tokoh lainnya, seperti Kera, Dewi kunti, Sadewa, serta para pengikut Rangda yang lainnya.

Barong Ket

Sering juga disebut sebagai Barong Keket, Barong ini merupakan Jenis Barong yang paling banyak terdapat di Bali, dan paling sering pula dipentaskan karaena memiliki gerak tari yang lengkap. Pada umumnya, Kostum Barong Keket menggambarkan perpaduan dari harimau, singa, dan lembu. Pada badan Barong Keket dihiasi dengan ornamen ukir-ukiran yang berasal dari kulit, potong-potongan kaca cermin, dan dilengkapi juga dengan bulu-bulu dari serat daun pandan.

Barong Bangkal

Bangkal adalah seekor Babi besar yang umurnya sudah tua, oleh karena itu, Barong yang satu ini menyerupai seekor babi, Barong ini biasa pula disebut dengan Barong Bangkung. Pada umumnya, Barong ini dipentaskan dengan berkeliling di desa atau biasa disebut "Ngelawang" pada hari-hari tertentu, yaitu pada hari yang dianggap keramat dan jika ada wabah penyakit yang menyerang desa.

Barong Landung

Barong Landung merupakan suatu wujud sesuunan yang berwujudkan manusia dengan badan tinggi yang mencapai sekitar 3 meter. Barong Landung tidak sama dengan Barong Ket, karena Barong Landung lebih sakral dan diyakini kekuatannya sebagai pelindung dan juga pemberi kesejahteraan umat. Barong Landung dapat dijumpai disekitar Bali Selatan.

Barong Macan

Barong Macan memiliki bentuk yang dengan seekor macan pada umumnya, dan termasuk kedalam jenis barong yang terkenal dikalangan masyarakat Bali. Barong ini biasanya dipentaskan dengan berkeliling desa dan adakalanya dilengkapi dengan suatu pentasan drama tari semacam Arja serta dilengkapi juga dengan gamelan.

Rangda

Rangda merupakan Ratu dari para Leak yang ada dalam mitologi Bali. Makhluk ini berwajah menyeramkan dengan disertai dengan dua calingnya yang tajam. Biasanya, karakter ini sering menculik serta memakan anak kecil. Rangda merupakan pemimpin pasukan nenek sihir yang jahat untuk memerangi Barong (simbol kekuatan baik).

Maka dari itu, kita tidak boleh meremehkan budaya-budaya yang telah diwariskan, dan jangan pula berbuat jahat kepada siapapun agar tidak selalu dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa. Sekian artikel mengenai Misteri Barong Bali. Jangan lupa berkomentar ya dibawah ini mengenai topik yang satu ini. Jangan lupa share jugaa yaa. Terimakasih telah berkunjung, dan mohon maaf bila ada kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

2 comments:

  1. Wah saya baru tau nih sejarah nya bli , ijin bookmark buat baca" artikel lain nya bli , suksma telah berbagi _/\_

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan, terimakasih sudah berkunjung bro (y)

      Delete

PERHATIAN!!!

SYARAT KOMENTAR :
- Tidak menambahkan link di kolom komentar !.
- Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik dan sopan !.
- Berkomentarlah sesuai topik !.