Thursday, March 23, 2017

Keindahan Pura Lempuyang Luhur



Kalian sudah tau bukan, Bali memang sering dijuluki sebagai Pura seribu Pura. Berbagai macam Pura dengan desain yang berbeda dan berbagai Pura untuk memuja segala manifestasi dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa telah disediakan disana, salah satunya adalah Pura Lempuyang.

Pura Lempuyang terletak di bagian timur Pulau Bali, tepatnya di Puncak Bukit Bisbis atau Gunung Lempuyang, Karangasem. Pura Lempuyang adalah Stana dari Hyang Gni Jaya atau sering disebut dengan Dewa Iswara.



Pura Lempuyang berasal dari kata "Lampu" yang berarti Sinar dan "Hyang" sebagai sebutan Tuhan. Dari Lempuyang dapat diartikan sebagai Sinar suci Tuhan yang terang benderang. Pura Lempuyang memiliki status yang penting, sama seperti Pura Besakih, baik dalam konsep Dewata Nawa Sanga, maupun yang lainnya. Berbagai sumber lontar dan prasasti kuno menyatakan, ada tiga Pura besar di Bali yakni Pura Besakih, Pura Ulun Danu Batur serta Pura Lempuyang.

Pada tahun 1950an, ditempat yang didirikan Pura Lempuyang sekarang ini, barulah ada tumpukan batu dan sanggar agung yang dibuat menggunakan pohon yang masih hidup. Setelah pohon besar yang berada dibagian timur Pura tumbang, barulah dibangun dua Padmasana kembar dan sebuah Padmasana tunggal bale priasan.


Menurut beberapa narasumber, Pura Lempuyang dan Pura Sad Kahyangan lainnya didirikan sekitaran abad ke 11 Masehi, yaitu pada saat Empu Kuturan mendampingi Raja Udayana memerintah di Pulau Bali. Dalam Lontar Kutara Kanda Dewa Purana Bangsul menyatakan bahwa Sang Hyang Parameswara membawa gunung-gunung yang ada di Bali sekarang yaitu dari India, yaitu Gunung Mahameru. Beberapa bagian potongan dari Gunung Mahameru dibawa dan dipecah menjadi tiga bagian. Gunung yang dimaksud adalah Gunung Batur, dan Gunung Rinjani, dan sedangkan puncak dari potongan gunung tersebut menjadi Gunung Agung di Bali serta potongan-potongan kecil dari gunung tersebut menjadi beberapa gunung di Bali seperti; Gunung Batukaru, Nagaloka, Siladnaya, Andhakasa, dan lain-lain. Gunung Lempuyang dijaga oleh Sang Hyang Agni Jayasakti yaitu putra dari Sang Parameswara, serta didampingi oleh dewa-dewa lainnya.

Gunung Lempuyang juga dapat disebut sebagai Gunung Adri Karang, Di gunung Adri Karang inilah Raja Jayasakti bersemedi, dan karena itu pula Gunung ini juga bernama Gunung Karang Semadi. Sang Hyang Guru memerintahkan Raja Jayasakti turun ke Bali untuk membangun Pura agar menjadi lebih aman dan sejahtera. Perintah Sang Hyang Guru pun dijalankan dan Raja Jayasakti membawa para Pandita dan pengikutnya untuk melaksanakan mewujudkan tugas yang diberikan tersebut. Sebelum Pertama kali dibangun Pura di Gunung Lempuyang yang digunakan sebagai stana Dewa Iswara, Raja Jayasakti melakukan semedi terlebih dahulu untuk memulai membangun kehidupan yang aman dan sejahtera di Bali. Pada saat ini, Pura Lempuyang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu utama, Madya, serta nista mandala.

Sebelum memasuki Pura Lempuyang, anda harus mengetahui pantangan dalam memasuki Pura tersbut yaitu tidak boleh berkata kasar. Selain melakukan tempat untuk beryadnya, Pura Lempuyang Luhur juga merupakan tempat wisata di Bali, Dengan latar belakang panorama Gunung Agung yang sangat indah, serta panorama hutan yang menakjubkan. Sangat cocok untuk dikunjungi guys, karena selain beryadnya kita juga sekaligus dapat berwisata ditempat ini. Sekian artikel mengenai PURA LEMPUYANG LUHUR, semoga bermanfaat ya. terimakasih telah berkunjung, dan mohon maaf bila ada kesalahan yang disengaja maupun yang tidak disengaja karena kita adalah makhluk yang sama yaitu manusia. jangan lupa share ya, jika ada pertanyaan bisa disertakan dikolom komentar atau menambahkan kontak saya di media sosial kalian. Matur Suksma.

3 comments:

  1. http://reretaipan88.blogspot.com/2018/06/asiataipan-taipanqq-taipanbiru-dalam.html

    Taipanbiru
    TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : E314EED5

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    ReplyDelete

PERHATIAN!!!

SYARAT KOMENTAR :
- Tidak menambahkan link di kolom komentar !.
- Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik dan sopan !.
- Berkomentarlah sesuai topik !.